To Be A Big Guy


“Orang besar mengambil keputusan besar”

 

Pernah denger kalimat itu?? pasti pernah kan yaaa,,,
Yeap, itu salah satu contoh bahwa menjadi besar tidak semudah membalikkan telapak tangan, menjadi besar butuh usaha yang besar juga untuk mengambil keputusan yang besar. Menjadi besar mewajibkan kita untuk bersentuhan dengan hal-hal besar seperti bermimpi besar, berpikir besar, melangkah lebar, bersosialisasi luas, keberanian yang benar-benar besar, dan pastinya berani mengambil keputusan yang besar.

 

Keputusan berkaitan erat dengan pilihan. Keputusan muncul setelah dihadapkannya kita pada lebih dari satu pilihan yang membuat kita harus menentukan prioritas dengan mendahulukan yang satu dari lainnya. Ngomong-ngomong tentang keputusan, saya jadi ingat dengan percakapan bersama seorang sahabat SMA. Dulu ketika saya sedang bingung untuk memutuskan sesuatu (saya lupa apa), saya bertanya pada sahabat tersebut tanpa memaksa saya untuk bercerita detailnya. Tanpa panjang lebar (seperti karakter cowok pada umumnya yang tidak berbelit2), dia berkata “Pilihan itu Cuma dua : BENAR atau SALAH”.. meninggalkan saya dalam diam,, bener banget yaa,,, pilihan itu Cuma dua,, bener atau salah,, no more,.. Dan sahabat saya pun meneruskan “Kalo lo udah menjadikannya pilihan lo, pertahankan aja n jangan disesali.” And for me,, semua pilihan would turn to be right and it depends on me. A lot of work left to make what things that appears as a wrong choice became a right one.. Yang nantinya malah mendulang apresiasi dari sekitar bahwa pilihan yang kita ambil tidak ada salahnya..

 

Nah sekarang apa hubungannya dengan judul tulisan saya?? Intinya ini tentang memilih, seni memilih, bermain dengan resiko and later become a big guy or used to named as Success person..😀 Mau jadi orang sukses?? Harus jadi besar.. dan siap untuk mengambil keputusan besar serta menanggung konsekuensinya di depan sana. Semua pasti ada deal2-annya, ada hal yang harus dipertaruhkan dan dikorbankan untuk mendapat sesuatu yang lain. Memang sudah hukum kehidupannya begitu..

 

Untuk lebih memperjelas, ada beberapa cerita mengenai pengambilan keputusan besar. Ada seorang rekan kerja yang belum lama saya kenal, rekan tersebut merupakan seseorang yang cukup menarik dan pintar. Kebelakang ini saya baru tau bahwa rekan saya itu pernah memilih untuk melepaskan pendidikan tingginya (yang biasa dy istilahkan sebagai men-DO-kan diri) karna ketertarikan bisnis yang benar2 tidak kuasa untuk dihindari. Dan ekspresi saya kala itu “WOW!!!! Berani sekali!!”,, yeap, saya yang sedikit EO (Education Oriented) sempat tidak habis pikir dengan keberaniannya untuk melakukan yang tidak pernah terlintas dalam benak saya.

 

Pada awalnya seperti yang bisa teman2 tebak, orang tuanya sama sekali tidak setuju bahkan sempat dijauhi (well, kalo saya pribadi bisa2 didelete dari silsilah keluarga mungkin yaa,,, *hehehe..lebay*), rekan saya pun (tidak munafik) sempat ngeri juga, ditambah lagi dengan penerimaan keluarga yang begitu negatif, namun hal tersebut menjadi energi baginya untuk terus berusaha dan bekerja keras memberikan bukti bahwa pilihan yang diambil tidak akan mengecewakan kelak. And seee,,,,,, dy benar2 berhasil!! Rekan saya tersebut pernah menggeluti bisnis rongsokan hingga mendulang untung 4jutaan/hari. WOW!! (lagi2 ekspresi ini yang bisa saya tunjukkan). Dan masih banyak lagi pengalaman2 hebat lainnya yang sudah ia alami sebagai mahasiswa yang men-DO-kan diri dan terjun di dunia bisnis, hingga saat ini dy menjadi seorang trainer hebat yang menjadi salah satu inspirasi saya dalam public speaking and manajemen massa.

 

Cerita diatas cukup mewakili penjabaran saya diawal bahwa semua ada konsekuensinya,, dan banyak orang besar melalui pengambilan keputusan yang besar pula,, Jangan pernah takut untuk mengambil resiko coz all the way to be success worth some risk to be passed and only a big guy can go through this…

 

“Would you like me to give you a formula for success? It’s quite simple, really. Double your rate of failure. You are thinking of failure as the enemy of success. But it isn’t at all. You can be discouraged by failure or you can learn from it, So go ahead and make mistakes. Make all you can. Because remember that’s where you will find success.”
– Thomas J. Watson

 

Jatinangor, 210310, 20.01

 

~ by Historina Safitri Hakim on March 21, 2010.

Leave a Reply

 
