Perjalanan menuju simpul kesekian


Jadi begini ceritanya, hari ini saya bersama teman (satu tempat penelitian) mengitari bandung dan sekitarnya berniat mencari bahan, berawal dari kunjungan ke PERUM PERHUTANI. Kami disambut dengan ramah oleh Pak Dadang Nu Kasep tea (permintaan beliau lho, hahaha) sebagai Humas Perum Perhutani Unit III Jawa Barat dan Banten.

 

Pak dadang memulai pembicaraan dengan menggambarkan kondisi mangrove di Indonesia terutama Jawa Barat, disela-sela pembicaraan keluar beberapa pertanyaan dari pak dadang, salah satunya adalah “Tahu gak yang Rina (nickname buat saya) duduki itu apa??”,
saya pun menjawab “Kayu pak..”,, menanti pertanyaan maupun pernyataan selanjutnya,
“Tahu darimana asalnya? Legal atau ilegal??”,
DEG!! Kena deh,,, g pernah mikir sampe situ, bener juga yaa,, Kurang lebih Pak Dadang menginginkan kami untuk berpikir sejenak, tanpa sadar kita sudah melakukan dosa dengan HANYA menduduki kursi itu, jika memang kursi itu dibuat dari kayu hasil penebangan liar, selundupan, atau dengan kata lain ilegal (tidak resmi), dan p dadang mengaitkannya dengan asal muasal berdirinya perhutani dan cita2 mulia lembaga tersebut.

 

Sampailah pada topik pembicaraan mengenai data2 yang kami butuhkan untuk kepentingan penelitian kami. Ternyata si bapak/ibu pegawai yang selama ini bergelut dengan data2 dimaksud sedang tidak ditempat hingga 2 minggu kedepan, SHOCK!! Padahal dalam 2-3 minggu kedepan target seharusnya sudah seminar Usulan Penelitian. Pak dadang tidak langsung membiarkan kami begitu saja, beliau ikut membantu bagaimana caranya agar kami kembali tidak dengan tangan kosong, kemudian kami pun berkesempatan untuk menghampiri Bagian Perencanaan tempat pusat data yang dimaksud. Setelah berkenalan dengan beberapa orang ternyata Ibu Wahyu yang memegang data yang kami perlukan sedang terkena musibah kecelakaan tadi pagi sewaktu mengantarkan anaknya pergi ke sekolah, Innalillahi,,, Turut bersedih untuk Ibu Wahyu dan mulai bersedih karna ternyata kami belum diizinkan untuk mendapatkan data tersebut, tetapi minimal sudah sempat berkenalan dengan orang2 yang akan menghubungkan kami selanjutnya.

 

Pencarian data pun tidak serta merta berhenti sampai disitu, kami meneruskan perjalanan menuju Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Barat yang bertempat di Jl. Wastu Kencana. Singkat cerita, kami pun disambut dengan sangat baik oleh Bapak Eri, akan tetapi ternyata sambutan baik tidak cukup jika tujuan yang dimaksud tidak diperoleh, Ibu/Bapak yang memegang data yang relevan ternyata tadi pagi baru saja mengalami musibah, saya sontak mengucap “SUBHANALLAH..”
dan tak terelakkan lagi teman yang menemani sejak tadi pun tertawa, kira2 dia berucap “Lho kq SUBHANALLAH sih!!” sambil tertawa
“Oia, ASTAGFIRULLAH, eh salah INNALILLAHI..” jadi bingung berekspresi,,,

bukan tanpa alasan berucap SUBHANALLAH, dalam hati saya mengucap Subhanallah ujian untuk penelitian ini,,,, 2 tempat yang kami datangi hari ini punya alasan yang nyaris sama. Ckckckckckk… Dan saya pun ikut tertawaaa… Dalam hati kembali mengucap “Ah,, ini masih ujian kecil, masih biasa dibandingkan dengan ujian2 didepan sana nanti seperti banyak dituturkan teman2 disekitar yang sudah sukses melewati tahap ini… Alhamdulillah,, insyaAllah tetap bermanfaat meskipun tujuan yang dimaksud tidak tercapai..

 

Yaahhh,,, begitulah sekelumit cerita dalam perjalanan menuju ujung satu simpul kehidupan untuk menuju simpul selanjutnyaa…

 

Jatinangor, 120310, 00.16

 

~ by Historina Safitri Hakim on March 12, 2010.

2 Responses to “Perjalanan menuju simpul kesekian”

  1. kerikil kecil yg cm membuat tersandung tp akhirnya bs jalan lagi ya🙂
    sukses buat penelitiannya ya, smoga diperlancar kebelakangnya, aminnnn

  2. halo pandaya,, apa kita kenal???
    iya,, insyaAllah bisa jalan lagi,, baru yang kecil nie krikilnya, belum juga dihadapin sama batu gede didepan sana,,
    makasih juga buat semangatnya,,, amien,,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: