Nama Adek disebut 2 kali


love you sistah

Ini cerita tentang masa kecil dulu, kemaren ketika sempat menelpon ayah dan menanyakan kabar sembari promosi tulisan,, akhirnya ayah pun terpaksa mendengarkan saya yang membacakan beberapa tulisan lalu.

Seselesai membaca salah satu dari beberapa tulisan, ayah berkata “oia kak, ada yang perlu ditulis, inget gak dulu adek pernah protes karna namanya disebut lebih sedikit dari kakak di surat datuk (red-sebutan kakek di daerah asal saya).”

Cring cring cring cring….. langsung inget masa kecil dulu,,, ketika masih lucu, belia dan imut imut,, (jangan protes!!hahaha)… begini kejadiannyaa (membuka lembar selanjutnya buku bed time stories,, hahaha)

Suatu hari, kami sekeluarga (yang masih berdomisili di Timor-Timur) mendapatkan sepucuk (hahaaiii) surat dari kakek yang berada jauhhhh di Indonesia bagian barat sana… Dulu, masih belum ada handphone apalagi internet jadi surat atau telegram masih jadi media komunikasi utama. Sebagai perantauan yang benar2 jauh dr daerah asal tentunya sangat bahagia ketika mendapatkan surat dr sebrang, kemudian seperti surat2 sebelumnya, pasti ada surat yang dikususkan untuk saya dan adik permpuan saya yang kecil,,, Kalo sudah begini ibu langsung membacakan surat tersebut dihadapan kami semua. Kami pun mendengar dengan seksama, tanpa mau terlewat satu bagian pun.

Setelah beberapa menit seselesai ibu membacakan surat tiba2 adikku masuk kekamar. Ibu yang mencium keanehan bahwa ada yang tidak beres langsung menghampiri adik di kamar. Mukanya sudah berlipat dan airmata sudah berkumpul di pelupuk siap2 untuk melaju turun dengan bebasnya. Ibu lalu bertanya “Adek kenapa?? Adek kq sedih dapet surat dari datuk jenggot (begitulah kami memanggil orangtua ibu, dan datuk haji untuk orangtua ayah)???” Dan adek pun hanya diam sembari meneteskan air mata sedikit demi sedikit,, (aduh jadi pengen nangis nulisnya… T_T). Pada awalnya masih menolak untuk bercerita, tapi akhirnya cerita jugaa,,,

Begini penuturan adik “Tadi pas ibu bacain surat, nama kakak lebih banyak disebut., (sambil tersedu2 dengan sulitnya menyampaikan kegundahan hati).”
Kemudian ibu menanggapi “Loh,, masa sie?? Nggak kq,, adek tadi pasti salah denger, sama kq, nama adek juga banyak disebutin tadi.”,
lalu adek melanjutkan “Nggak, tadi adek hitung nama adek Cuma disebut 2 kali,, , dan nama kakak disebut 4 kali.. Datuk lebih sayang kakak daripada adek.” Dan tangisnya pun makin deras mengalir.
Ibu lalu tersenyum simpul sembari menyiapkan jawaban yang tepat dan bisa menenangkan. “Oia ya (sambil berpikir keras mencari jawaban), coba ibu hitung lagi (sambil berpura2 menghitung melihat surat tadi), oia,, nama kakak lebih banyak disebutin, ohhh,,, itu karena kakak umurnya lebih banyakk,, kan kakak lahir duluan, nanti kalo umur adek nambah tahun depan pasti nama adek disebut lebih banyak juga…”.
Perlahan, mulai menghentikan tangisan, “Iya ya bu ya?? (sambil berpikir keras), oh kalo lahir duluan namanya lebih banyak ya bu ya..?? “

Akhirnya ibu meneruskan penjelasan jawaban tadi sampai adek benar2 yakin bahwa datuk jenggot sama sayangnya sama kakak dan adek,, dan semenjak itu, ibu berpesan pada datuk untuk menyebutkan nama kami dalam jumlah yang sama.

Saya (yang dalam hal ini posisinya sebagai kakak) hanya bisa melihat adek menangis dan ikut menenangkan. Saya tidak habis pikir kq bisa2nya adek sampai menghitung nama, hahahaha…. Ternyata memang sudah bakat dari dulu untuk berpikir lebih logis daripada adik yang berpikir lebih menggunakan rasa.

Begitulah sekelumit cerita masa kecil saya bersama adik,, Ternyata benar2 lucu mengingat waktu kanak-kanak dulu. Terima kasih kepada ayah yang sudah mengingatkan satu dari banyak kisah masa kecil dulu…

 

Love you sistah,,
Grandpa love both of us same way, same love, and balance for us..

Jatinangor, 030310, 18.39

 

~ by Historina Safitri Hakim on March 3, 2010.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: