KORELASI KENDARAAN, SOPIR DAN KESABARAN


Ternyata memang semua yang ada disekitar kita untuk dipelajari,,, sambil ngelamun didalam damri mau ke bandung,, sambil ngeliat angkot ngetem n ngeliat (juga pernah ngalamin) orang2 yang lagi menanti damri datang….. Bahasnya dari mana ya?? Dari angkot ngetem dulu deh…

Pas ngeliat angkot ngetem,, beuh,,, jadi inget pas kemaren2 jadi penumpang di angkot2 yang ngetem lamanyaaaa gak ketulungan,,, sebenernya sopir2 angkot  itu nyadar g sie kalo penumpangnya pada sebel karna angkotnya g jalan2?? Kalau mereka menyadari bahwa reczeki kita udah ada masing2 n gak bakal berebutan seharusnya mereka terus jalanin angkotnya, kalopun emang mau ngetem ya yang wajar aja,, karna dengan lamanya ngetem ngebuat para penumpangnya jadi bete sampai2 berdoa yang jelek2 buat si sopir dan angkotnya,, walhasil rezeki si tukang angkot jadi jauh hanya gara2 menunggu lebih lama penumpang2 yang belum tentu mau naikin angkotnya dia. Kadang justru ngetem itu yang membuat calon penumpang jadi males milih naik angkotnya (haduhhh ngomong apa sie,, jadi ribet gini,, semoga ngerti deh..). Intinya saran buat tukang angkot n kita semua dimanapun posisi n profesi kita, jangan membuat sodara2 kita,, atau klien2 kita menunggu dengan lama, cepat berikan haknya, dengan ketepatan waktu justru akan membawa berkah lebih buat kita, dengan menunda mungkin malah akan membuat mereka jadi kesel dan akhirnya mendoakan kita yang tidak2,, jangan pernah menahan hak2 mereka sesuai dengan waktu yang telah disepakati.

Seperti maghrib ini, histor dan teman yang diburu waktu mau ikutan teraweh di IPDN malah naik angkot yang ngetem lumayan lama, sempet g sabar juga sie,,, tapi jadi sadar,, sabar g sabar angkotnya bakal tetep ngetem, daripada malah makin negatif aja gara2 emosi negatifnya makin numpuk lebih baik berdoa semoga jamaahan solat isyanya diperlambat so kita masih bisa ikutan. Seperti cerita jaman sahabat dulu, ada sahabat nabai yang dateng terlambat ke masjid karna berjalan dibelakang orang tua yang berjalan dengan amat sangat  lambat,, sangking menghargai orang tua tersebut, sahabat pun denga n sabar berjalan hingga akhirnya sampai masjid sangat terlambat. Normalnya sie sahabat sudah tidak akan dapat mengejar sholat berjamaah itu lagi, tapi karna Allah melihat amalan baiknya, ternyata meski terlambat, sholat berjamaah masih terkejar,,, subhanallah… Dengan harapan seperti sahabat nabi tadi, ternyata alhamdulillah shalat isya berjamaahdi IPDN benar2 masih terkejar, malah belum mulai,, Kuasa Allah… ^^

Kemudian sekarang tentang sopir damri,, wah,,

kalo udah naik damri dari nangor ke DU,, paling males kalo udah keluar tol menuju DU,, beuh,,macetnyaa,, kadang suka bikin emosi.. apalagi kalo ada agenda yang harus cepat2 dikejar,, enak juga sie kalo kita nya terlelap tidur, tapi kalo pas lagi melek kan BTnya makin berasa. Nah,, ditengah kebetean penumpang melihat kemacetan dari dalam damri tiba2 otak lagi2 berpikir,, ya ampun,, histor,, kamu Cuma penumpangnya lhoo,, coba bayangin si sopir,, dy lebih bete kali,,, dari awal g bisa istirahat apalagi untu sejenak tertidur ditambah melihat kenyataan kemacetan di lapangan….  Jadi histor sebenernya tidak pantas protes,, coba liat supir damri,, dy jauh lebih sabar daripada penumpang yang sebenernya hanya duduk saja tanpa perlu menyetir,,, Kamu harus bisa lebih sabar lagi donk,, Nah, disaat seperti itu histor berpikir,, ternyata perbedaan sabar dan emosi negatif itu sedikit sekali,, kalau ksaja kita bisa mengendalikan dengan baik maka kemacetan itu bisa jadi bahan ajar kita untuk melatih kesabaran,, tapi andaikan kita salah menyalurkan, maka ha itu bisa membuat kita menjadi orang yang amat sangat mudah naik darah, mudah emosi, mudah marah dan sensitif sekali.. Wah semoga bapak2 sopir damri dan kendaraan lainnya bisa memahami ini ya,, semoga bisa disalurkan secara positif,,, Itu baru bandung lhoo,, apalagi jakartaa…

_Ketika mata terus melihat agar otak tetap terus berputar_

Jatinangor,  21:26, 090909

~ by Historina Safitri Hakim on September 9, 2009.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: