OKI,, INSIDE OF HISTOR’S HISTORY


Malam ini sama seperti malam sebelumnya, masih disibukkan membuat countdown ramadhan untuk dipasang besok di gerbang. Sambil menggunting-gunting karton, membentuk tulisan, melekatkan satu sama lain, juga sempet-sempetnya online. Saat sedang membalas chatting seorang senior tiba-tiba notification dari yahoo messanger memunculkan pesan “Friendster reminder Oki’s Birthday is Today-July 20”. Deg… terhenti sesaat dan tiba-tiba kenangan masa lalu itu muncul kembali. Hari ini, Alm. Oki Saputra berumur 22 tahun jika saja ia masih hidup,, Sejenak rasa rindu akan teman lama ini menggebu. Teringat waktu-waktu yang dihabiskan bersama teman-teman seangkaatan dalam berbagai event, canda tawa, kejahilan yang tak kunjung reda. Oki,,, yang jahil, suka usil, suka debat, gak mau ngalah, suka godain histor dan teman-teman sekelas yang lain, kanggeeeennn…..

Oki bukan hanya teman biasa khususnya untuk histor. Pertama kali kenal Oki pada saat ospek. Oki satu kelompok ospek dengan histor dan kawan-kawan lainnya. Kelompok kita diberi nama “Hatchery”. Oki yang tidak datang di hari sebelumnya merasa dia harus berbuat lebih. Kemudian histor dan teman-teman meminta dia untuk membuat yel kelompok. Jadilah yel

“25 jigo.. 25 jigo…. Jadi seratus….

Hatchery jago.. Hatchery jago… Yang laen putus… “

Hahahahaaa…. simple,, ini kenangan pertama dari oki. Kemudian diawali dengan seru-seruan pas ospek hingga kejahilan-kejahilan selama hampir 3 tahun sekelas bareng. Entah sejak kapan tepatnya, Oki mulai menjadi orang tetap yang ngejailin histor,, mulai dari main fisik mengolok-olok ttg tinggi lah hingga sikap jailnya ngajakin nikah tetep dengan ngebanyolnya. Hahahaha… Suatu kali Oki pernah bilang gini “ Tor,, lw kalo nikah ama gw g akan nyesel lho. Ntar lw g peru kerja, tinggal aja di rumah ngurus keluarga. Gw yang nyari duit nerusin usaha kepiting nyokap bokap gw. Pokoknya terjamin dah hidup lw. “ Diutarakan dengan muka konyol dan jahilnya sambil ngegoyangin kursi histor. Ya ampunnn,,, udah g bisa konsen dengerin dosen ngomong, ribeut ama dia yang jail abis,, ada aja yg dikerjain. Ckckckck…. sampe dulu saking gerahnya histor sempet ngejutekin oki. Tapi sekarang, kangen diusilin, digangguin, disikut-sikut sama oki. Kangen Oki….

Itu baru cerita awal. Entah serius atau tidak tapi pas ulang tahun histor ke 19 tahun 2007, Oki dengan bantuan seorang teman sekelas memberi hadiah ulang tahun, sebuah baju yang dibeli dari uang minta khusus sama nyokapnya katanya. Hahahaha… Ternyata bajunya kegedean (ato badan histor kekecilan?). Oki udah tau kayaknya bakal kegedean, sampai-sampai dia minta histor maksa-maksa ngasih contoh baju dan ngecilin baju biar hadiahnya bisa dipake. Dan Oki juga yang ngoto biar dia yang ngecilin ditempat dia beli di salah satu butik muslim ternama di Bandung. Okiiii…. okiii….. jadilah itu baju, dan paksaan terakhir adalah histor harus memakai baju pemberian oki itu, meskipun Cuma sekali. Baju itu masih ada hingga kini. Tersimpan rapi digantungan lemari baju. Satu lagi kenangan dari Oki.

Masih ada kenangan lainnya saat fieldtrip ke Semarang, belanja di Simpang Lima ditemani Oki. Lebih tepatnya diekorin Oki. Hahaha… Sebenernya agak gak nyaman, tapi yaudah deh, mana Oki ngoto buat ngebawain barang2 belanjaan histor, itung-itung memanfaatkan tenaga, hehehe maaf ya Oki… Kangen fieldtrip bareng lagi.. Tapi sayangnya itu fieldtrip terakhir sebelum akhirnya histor menghabiskan waktu semester selanjutnya di negeri sebrang. Fieldtrip terakhir dan pertemuan terakhir sebelum akhirnya Oki tidak masuk-masuk kuliah karena sakit yang menggerogoti tubuh Oki Gendut…

Ulang tahun ke 20 di tahun 2008, Oki sudah tidak lagi kuliah bersama kita di kelas. Masih ingat tahun sebelumnya Oki malem2 ke kosan untuk ngasih hadiah itu. Tapi saat itu, Oki sedang terbaring sakit. Berharap Oki bisa sehat kembali dan jahil lagi seperti sebelum2nya.

Sepulang dari korea, histor sempat menanyakan kabar Oki kepada teman-teman akrabnya di kelas. Namun sayang, bukan kabar baik yang diterima, ternyata Oki masih sakit dan semakin memburuk, hingga tidak ada lagi Oki gendut yang dulu. Histor pun berpesan pada teman akrabnya di kelas, kalau nanti mereka akan mengunjungi Oki ke rumahnya, histor akan menitipkan beberapa oleh-oleh khusus untuk Oki, sebagai ucapan terima kasih dan untuk menyemangati Oki yang sedang sakit. Saat itu menjelang libur semester ganjil, kemudian liburan pun tiba. Di pagi hari tanggal 3 Januari 2009 tiba-tiba tersebar jarkom sms bahwa Oki teah tiada, Oki sudah dipanggil oleh Allah.

“Innalillahi wa innailaihi roji’un….”.

okiMasih segar diingatan Oki dengan segala kekonyolannya, dengan sikap usilnya, ternyata Oki sudah tidak akan mungkin lagi bersama kita, memakai toga bersama, lulus bersama. Oki sudah tiada. Bahkan Oleh-oleh dari Korea belum sempat diberikan. Belum sempat histor bertatap muka dengan Oki. Untungnya sebulan seblumnya Histor sempat menelpon Oki. Mendengar suara Oki untuk yang terakhir kalinya. Meski kondisinya sudah parah namun pada saat itu Oki yang terdengar masih dengan keceriaan dan kekonyolannya. Meski belum diberi kesempatan untuk bertatap muka langsung, alhamdulillah Allah masih memberi kesempatan berbicara dengan Oki meski hanya lewat alat komunikasi.

Oki,,, selamat jalan,,, Walaupun Oki sekarang telah tiada, tapi kenangan yang pernah ditorehkan dalam perjalanan hidup histor tidak akan pernah hilang. Meskipun kangen teramat sangat tapi harus menyadari kenyataan bahwa Oki memang benar-benar sudah tidak ada dan tidak mungkin untuk bertemu lagi. Selamat Jalan Oki, kita teman-temanmu hanya bisa mendoakan semoga Oki ditempatkan di sisi Allah yang terbaik.

Sampai jumpa kawanku

S’moga kita selalu

Menjadi sebuah kisah klasik untuk masa depan

Sampai jumpa kawanku

S’moga kita selalu

Menjadi sebuah kisah klasik untuk masa depan

(KISAH KLASIK-SHEILA ON7)

~ by Historina Safitri Hakim on July 20, 2009.

5 Responses to “OKI,, INSIDE OF HISTOR’S HISTORY”

  1. Iyah,, so sad ya.. He’s my best friends too,, apalagi kalau lagi main PS wuahhhhh kangen sumpah..

  2. semua orang punya kenangannya masing-masing tentang oki…. we all missing u a lot…

  3. nice…:)

  4. terkadang orang yang memberikan kesan begitu mendalam dalam hati kita, datang hanya sesaat..bahkan terlalu cepat untuk duduk di sampng kita untuk membuat hal-hal yang manis..tanpa pernah menyangka ia juga bisa berlalu dengan sangat cepat..dan menghilang untuk selamanya..
    jadi nikmatilah kebersamaan dengan orang2 yang ada di samping kita saat ini, sebelum mereka benar-benar pergi..

  5. yeap,,, exactly right!!! bener banget tuw kak,, jangan sampai kenikmatannya berasa ketika sudah pergiii

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: