PERSAHABATAN


Emang kalo berenti maen bola berenti juga persahabatannya??

Tring tringg…. thats exactly right!!! Emangnya kalo udahan maen bola udahan juga jadi sahabatnya?? Emang kalo udah gak beraktivitas bareng udah gak bisa seru-seruan bareng lagi as a best friend?? Emangnya kalo sahabatan harus selalu sama yang disukai?? Sahabatan harus selalu pergi kemana-mana bareng?? Sahabatan harus look a like kah???

Hmmm,,, kalo kata orang India mah “Nehi…. nehiii…” Kata siapa sahabatan Cuma bisa selama kita punya aktivitas yang sama, punya kesukaan yang serupa, punya tempat tujuan satu, kemana-mana bareng… kata siapa?? “No way,,,,” Secetek itukah makna persahabatan?? So,, kalo udah gak bareng, gak sama2 lagi no “friendship” vocabulary anymore?? Owh no,,,, kalo gitu gak usah sahabatan aja kalo Cuma sesebentar itu,,, persahabatan kan everlasting,,, gak berujung,,,

Menurut histor kita gak bolehngejalin persahabatn Cuma sesebentar itu, selama aktivitasnya masih berjalan aja,, ato selama masih satu kesukaan. Itu bukan persahabatan namanya. Cuma memang terkadang terbentuknya karna kesamaan aktivitas, kesamaan hoby, kesukaan, dll, tapi bukan berarti setelah beres udahan kan… Persahabatan berawal dari banyak alasan, kebanyakan karna alasan kesamaan, tapi gak sedikit juga karna alasan perbedaan yang membuat keduanya bisa saling melengkapi. Persahabatan itu seharusnya ngebuat nyaman, nyaman bukan hanya terlihat dari luar, nyaman bukan hanya satu pihak, tapi nyaman yang dimaksud adalah keduanya merasakan keseimbangan dengan pengertian atau pemahaman satu sama lain secara seimbang. Tidak saling merugikan tapi bukan juga saling mengambil keuntungan.

Ada juga persahabatn yang terkadang terlihat berat sebelah dalam artian yang satu lebih mendominasi dari lainnya dan terkesan membebani lainnya. Tapi ternyata keduanya merasa nyaman dan tidak merasa dirugikan sama sekali. Akan tetapi jika hal seperti ini terus berlangsung tidak menutup kemungkinan persahabatn yang telah terjalin pun akan berumur jagung karna sebenarnya satu sama lain harus saling menyeimbangi. Meskipun terkadang sedikit mendominasi tapi dominasi yang terus menerus akan berlebihan  dan menyebabkan ketidaknyamanan hubungan. Persahabatan tidak sebaiknya memaksakan kehendak satu dan lainnya. SAHABAT ITU SEIMBANG.

Dinamika itu pasti ada dalam sebuah hubungan, rasa jenuh pun buka tidak mungkin menghampiri oleh karena itu persahabatan bukan tidak diperbolehkan untuk selalu melakukan segalanya bersama, akan tetapi sesekali perlu diberikan keleluasaan bagi masing-masing individu. Persahabatan tidak mengekang, tetap memberikan porsi-porsi pribadi bagi masing-masing individu. Persahabatan tidak bisa memaksakan yang lain untuk selalu mengikuti aktivitas yang sama, harus ada waktu dan ruang yang diberikan dan menjadi otoritas masing-masing untuk memilih apa yang pantas untuk membantunya mengembangkan diri.. Sahabat seharusnya membantu dan mendorong sahabatnya untuk menjadi yang terbaik. SAHABAT ITU MEMBUAT NYAMAN.

Persahabatn tidak pula berarti kita harus selalu mengetahui rahasia terpenting sahabat kita, ada hal-hal yang pantas dan tidak pantas, karna manusia sangat mungkin berbuat khilaf dan hal-hal yang terlalu sensitif jika disampaikan kemungkinan dapat menjadi bumerang ketika terjadi sesuatu diantara keduanya..  Untuk itu persahabatan tidak boleh terlalu berlebihan karna berlebihan akan menyebabkan hal buruk terjadi, LEBIH tapi dalam batas wajar. Tidak boleh terlalu bergantung satu sama lain. Jangan sampai ketika kita berada jauh dari sahabat kita, tidak ada yang bisa kita perbuat. SAHABAT ITU SALING MENGHARGAI.

Persahabatn itu selayaknya mengerti akan kebutuhan satu sama lain. Sepantasnya mengerti bagaimana cara untuk memperlakukan sahabat. Tidak selalu ketika sedih ingin kita harus menemani sahabat kita, terkadang sikap sahabat yang baik justru membiarkannya sendiri memberikan waktu untuknya sendiri sebagai bentuk pemahaman kita akan sikap yang seharusnya kita ambil dan dibutuhkan oleh sahabat kita. SAHABAT ITU SALING MENGERTI.

Dalam mengarungi pahit manis kehidupan seorang sahabat akan selalu ada menemani dalam segala keadaan. Keadaannya dalam puncak pencapaian bahkan hingga dalam keadaan terkelamnya. Meski mungkin tidak menemani dalam artian raga bersama, tapi bisa memberikan rasa kepada sahabat kita bahwa sebaik atau seburuk apapun dia, kita akan selalu ada dan tidak akan lari darinya, melainkan membantu membagi beban itu agar terasa lebih ringan. SAHABAT ITU SELALU MENEMANI.

~ by Historina Safitri Hakim on July 18, 2009.

5 Responses to “PERSAHABATAN”

  1. Persahabatan…bagai kepompong ga? hehehehe

  2. hmmm,,, kalo maksdnya mengubah kepompong jadi kupu2 yg indah berarti jawabannya iya,, tapi kalo maksdnya terkekang?? no way…

  3. definitely love it tor!!! numpang share di facebook yaah😉

  4. waahhh makasih teh,,, sok aja di share,,, aq malah seneng,, itung2 ngebantuin promosi,, hehehehe…. thanks a lot teh for liking n promoting…😛

  5. pastinya dunk sebagai kupu-kupu yang indah…🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: