SEGALANYA BUTUH PERSIAPAN


Baru kemaren ganti status di facebook “ Ada yang punya info tentang Sekolah Pra Nikah (SPN) di ITB?” Dan semua orang pada heboh,, wooaahhh,,, histor udah mau nikah ya?? Udah punya calon yaa… Udah mau cepet-cepet nikah nie tor, and so on… Beuhh,,, gilingan,,, memangnya ikutan sekolah pra nikah berarti udah mau nikah?? Segalanya itu butuh persiapan bro… Nikah gak semudah itu, nikah itu complicated, tapi menantang, wakakakaka.. serius ini teh.. Nah, karna complicated tadi jadi persiapin semuanya harus dari jauh-jauh hari. Justru ketika kita masih netral dan belum punya kecendrungan untuk menikah sebaiknya secepatnya menggali ilmu terkait pernikahan. Kalo udah punya calon dan udah ada yang ngelamar baru ikut beginian ato malah baru baca buku-buku nikah bisa-bisa minta sekarang-sekarang dinikahin.

Mumpung kita masih netral dan belum terkontaminasi sama lawan jenis untuk tergoda ke arah lebih serius lagi, kita harus cari-cari informasi. Bukan hanya enaknya ketika sudah menikah, tapi juga kendala-kendala yang bakal dihadapin nanti. Bayangin aja ngegabungin dua sifat yang berbeda dengan cara hidup berbeda, dengan semua kebiasaan masing-masing dalam satu atap pastinya gak mudah. Harus imbang juga ketika cari informasi, jadi tau positif negatifnya, tau konsekuensinya seperti apa, dan berusaha disesuaikan dengan mimpi-mimpi kita lainnya, biar bisa berjalan beriringan tanpa harus mengorbankan satu dan lainnya.

Ini sebenernya bukan Cuma masalah pernikahan, tapi juga hal-hal lainnya yang ingin kita raih atau yang pasti akan kita geluti kelak. Contoh lainnya persiapan untuk menghadapi dunia kerja, persiapan untuk melanjutkan studi ke jenjang selanjutnya, persiapan menjadi presiden?? (bagi yang punya mimpi jadi presiden). Semuanya akan datang smoothly ketika sudah dipersiapkan sebelumnya. Ketika persiapan sudah kita lakukan maka kita akan lebih mengenali medan, kita akan belajar memprediksi kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi di kemudian hari, dan kita akan lebih rinci dalam membangun jalan setapak menuju mimpi-mimpi kita.

Untuk itu, jangan dengarkan masukan negatif yang bisa membuat kita lengah dan meninggalkan rencana-rencana kita dalam rangka persiapan masa depan, biarkan orang berkata bahwa kita terlalu dini dan berpikir terlalu jauh daripada penyesalan akan kelengahan kita di masa lalu yang tidak akan bisa lagi kita ubah.

PERSIAPKAN SEGALANYA SECERMAT MUNGKIN

~ by Historina Safitri Hakim on July 5, 2009.

3 Responses to “SEGALANYA BUTUH PERSIAPAN”

  1. blh nih klo da seminar tentang pernikahan.
    ksh tau ke saya yah teh..

  2. oke deh oke,, ntar dikabar2in…
    pasti di update di facebook.. hehehe

  3. persiapkan dengan baik yahh…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: