JANTUNG KORONER


Hati-hati dengan jantung koroner!!

Ada sebuah kisah mengenai penderita jantung koroner yang tidak menyadari bahwa dirinya telah mengidap penyakit tersebut. Suatu hari sepulang kerja seorang bapak mengeluh kepada istrinya, bahwa dadanya sakit dan berasa masuk angin. Istrinya pun membantu mengerok dan memberikan minuman wedang jahe agar suaminya merasa lebih baik.

Keesokan harinya bapak tersebut mengeluhkan hal yang sama, dan si istri pun kembali membantu mengurangi rasa sakit bapak dengan mengerok dengan asumsi bahwa suaminya hanya terkena masuk angin biasa. Akan tetapi “masuk angin” tersebut berulang kembali hingga beberapa kali, dan tanpa tindakan ebih lanjut dari si penderita melainkan hanya treatment rumahan seperti biasanya.

Suatu hari sepulang kantor, bapak tersebut berada di tempat parkir dalam perjalanan menghampiri mobilnya yang posisinya lumayan jauh, tiba-tiba serangan “masuk angin” tersebut kembali terjadi akan tetapi kali ini lebih parah dari yang biasanya terjadi, nyeri yang dirasakan di bagian dada kiri begitu hebatnya, dan serangan panas dingin tak tertampikkan lagi, bapak tersebut pun menelpon istrinya dan mengatakan bahwa dia benar-benar sudah tidak mampu menahan sakit yang menyerangnya. Dengan kesigapan, istri bapak tersebut menyambangi suaminya dan menemukan suaminya terkulai lemas dengan keringat membanjiri tubuhnya dan tidak sadarkan diri.

Secepat kilat si istri menghubungi dokter dan menanyakan apa yang harus dilakukan?? Dokter menyarankan untuk mencari benda tajam dan ditusuk-tusukan ke badan suaminya agar suaminya dapat menjaga kesadarannya. Ketika suami istri tersebut berhasil mencapai rumah sakit dan berdialog dengan dokter, diketahui bahwa serangan yang menyerang suaminya adalah serangan JANTUNG KORONER. Gejala yang ditunjukkan memang sangat mirip dengan serangan masuk angin biasa akan tetapi dengan nyeri yang terjadi di bagian dada kiri. Ternyata masuk angin yang dirasakan sejak awal merupakan serangan jantung koroner akan tetapi dalam skala kecil yang masih dapat ditanggung si penderita. Dokter pun menjelaskan bahwa salah satu penyebab penyakit jantung koroner adalah terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak dan mengkombinasikan dengan minuman dingin setelah makan. Hal ini akan menyebabkan terjadinya penumpukan/pembekuan lemat yang pada akhirnya mengakibatkan penyakit jantung koroner.

Untuk itu sangat disarankan bagi kita agar seusai mengkonsumsi makanan berlemak hendaknya minum dengan air yang hangat.

TETAP SEHAT SELALU!!

~ by Historina Safitri Hakim on June 29, 2009.

8 Responses to “JANTUNG KORONER”

  1. masuk angin itu sampai skrg gw g ngerti apa. soalnya di text book ga ada perkataan “enter wind”. heheh.

    penyakit jantung koroner tadi sebaiknya dicegah sedari dini. faktor plg utama mempengaruhi adalah makanan dan gaya hidup yang sehat.
    kelaian pada pembuluh darah jantung tadi iaitu penumpukan lemak bs saja terjadi di lain2 pembuluh darah, bukan cuma di jantung.
    tapi kalau terjadinya di jantung, akibatnya plg fatal.

    kalau mengenai konsumsi makanan berlemak dan minur air hangat, itu saya tidak tahu, krn tidak pernah terbaca. setahu saya, yang mempengaruhi absorbsi lemak di usus itu enzim dan lain2 biokimia.
    sebaiknya kurangkan saja makanan berlemak, minuman beralkohol, serta stress. rajin olahraga.

    mengenai gejala sakit jantung koroner, sakit di bagian dada kiri, dan sakitnya menyebar ke bahu dan tangan kiri juga.

  2. aku kerja di ICU JANTUNG RSCM,,,yah begitulah,,,masyarakat kurang aware dengan penyakit ni,,,seharusnya dalam setiap gejala yang dialami setiap orang apalgi masalah jantung,,,kita harus berpikir untuk medical chech up di RS,,,jangan takutin biaya,,kan ada SKTM,GAKIN,ASKES (kalo PNS),,,RS sakit itu cuma perlu kertas jaminan aja untuk medical check up,,,yah walaupun pemerntah memudahkan untuk menjalani rawat jalan di RS tapi tetep masyarakat gak aware dengan penyakitnya,,,susah memang.

  3. aku kerja di ICU JANTUNG RSCM,,,yah begitulah,,,masyarakat kurang aware dengan penyakit ni,,,seharusnya dalam setiap gejala yang dialami setiap orang apalgi masalah jantung,,,kita harus berpikir untuk medical check up di RS,,,jangan takutin biaya,,kan ada SKTM,GAKIN,ASKES (kalo PNS),,,RS sakit itu cuma perlu kertas jaminan aja untuk medical check up,,,yah walaupun pemerntah memudahkan untuk menjalani rawat jalan di RS tapi tetep masyarakat gak aware dengan penyakitnya,,,susah memang.

  4. septi septi,, thx for the comment,, tapi setau histor yang bikin masyarakat terutama yang ekonominya menengah ke bawah males untuk check up karna prosedurnya itu, n u know lah indonesia,, masih banyak sekali pelayanan yang tingkatannya berdasarkan berapa jumlah uang yang bisa mereka kantongi… kalopun mau pake ASKESKIN dll prosedurnya panjang dan udah bikin masyarakat males duluan, makanya mereka menggunakan askeskin pada saat sangat butuh aja,,

    hahahaha,, rafshan ada2 aja,, enter wind,,🙂 thanks for ur information,,, tapi kan kalo masalah penanganan dengan minum air hangat setelah makan kan lebih ke penanganan termudah bukan ilmiah sie, wallahuallam bener ato nggaknya tapi boleh juga dikoreksi secara ilmiah bener ato nggak, kalo dipikir2 secara awam air hangat akan membuat melting makanan2 itu tadi,, kalo air dingin akan membekukan… jadi kemungkinan untuk nempel di pembuuh darah makin besar,, hahahaha,,, pikiran orang tanpa ilmu2 kedokteran,, wheww..

  5. gpp kok tori, namany jg belajar =D lemak yang dikonsumsi itu kan harus melalui proses pencernaan di usus, dan diserap, dan di proses oleh badan terlebih dahulu sblm dibawa didalam darah.

    jadi, lemak di pembuluh darah jantung itu tiada hubungan langsung dgn air panas atau air sejuk yang diminum ketika memakan makanan berlemak.

    gw malah mikirny, kalo minum air dingin malah sedikit menghambat pencernaan lemak lho. tp kan makanan yg dikonsumsi itu lama di usus, jadi hampir semua gizi dapat diserap, kecuali kalo ada gangguan pencernaan.

    =D

    p/s- tori, layout nya ganti dong, jd susah mau komen, soalny item, g keliatann nih

  6. oh gitu ya rafshan,,, thanks for that explanation,,, jadi kalo mau kurus tinggal banyak2in minum air es aja donk yaa… hahahaa,, boleh juga tuw,,, awas kalo g berhasil ya…

    wah,, males nie ngurus lay outnyaa… keliatan kq,, bisa histor baca hehehe…. ini dulu yee,, ntar kalo udah ada stok baru dr wordpressnya baru histor ganti,,hahaha

  7. kalo mw kurus mah tinggal kena tifes, apa amoebiasis. dijamin deh. hahah

  8. howaaa,,, ogah deh,,, mendingan gendut tapi sehat daripada sakit begituuu….
    no thanks..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: