UNTUK APA SAYA HIDUP?


Saat sedang berkumpul bersama teman-teman sambil menunggu pesanan makanan yang tak kunjung datang kami pun membuka obrolan-obrolan sedikit tidak penting tapi lumayan bermanfaat juga, sharing-sharing tentang pengalaman yang terjadi. Lalu ada seorang teteh yang menceritakan tentang cerita temannya sewaktu kecil. Temannya si teteh mendapatkan cerita ini dari pengalaman temannya teman teteh (udah pangkat berapa ya ini cerita..). Temannya teman si teteh ini suka berkutat dalam pertanyaan-pertanyaan kehidupan, pada saat masih menjadi bocah kecil pun pertanyaan tentang kehidupan sudah terlontarkan. Sekarang kita liat dialog anak kecil dengan seorang dewasa berikut ini.

“Untuk apa kita hidup?”

“Wah.. Saya juga tidak tahu apa-apa tentang mengapa kita harus hidup. Tapi yang saya tau pasti, kita harus hidup untuk menemukan jawabannya.”

Wow,,, kami pun yang mendengarkan hanya bisa diam dan berpikir,,, hmm,,, bener juga,, kita harus terus hidup untuk mencari tau jawaban dari semua pertanyaan kehidupan dan mengapa kita harus hidup..

~ by Historina Safitri Hakim on June 27, 2009.

One Response to “UNTUK APA SAYA HIDUP?”

  1. untuk apa saya hidup?
    apabila kita mendengar pertanyaan tersebut, maka hal yg pertama harus kita bahas adalah, berupa pertanyaan lagi yaitu syapa saya?

    pertanyaan ini ditujukan pada makhluk yang bernama manusia,
    manusia merupakan makhluk yang diciptakan, Dan tidakkah manusia itu memikirkan bahwa sesungguhnya Kami telah menciptakannya dahulu, sedang ia tidak ada sama sekali? QS 19 : 67. inti dari ayat tersebut adalah menerangkan bahwa manusia adalah makhluk yang diciptakan. berarti apabila tidak ada yang menciptakan maka manusia tidak akan ada. dalam hal ini, yang menciptakanya sudah tentu Allah SWT…. karena ada suatu Dzat yang memiliki kehendak dan kemampuan inilah maka manusia dapat terlahir ke dunia ini.

    Allah menciptakan manusia sudah pasti ada maksud dan tujuanya, nah dengan demikian pertanyaan mengenai untuk apa saya hidup, berarti juga demikian “untuk apa saya diciptakan?.
    jawabanya adalah
    Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku.QS: 51:56
    lanjutan kemudian QS : 98 :5, Qs.20:14

    dalam ayat itu jelas bahwa Allah hanya menghendaki pada penciptaan manusia agar mengabdi kepadanya…

Leave a Reply

 
