AMANAH = BERGERAK = BERAKTIVITAS/BERPASIFITAS


Berawal dari kesibukan yang akhir-akhir ini  histor lakukan, dan pemikiran dalam mencari sebuah  ide tulisan. Waahhh akhir-akhir ini histor hanya diam dikosan dan menulis, mencari sesuatu untuk bisa dibagi melalui tulisan. Apa ini bisa diklaim sebagai sebuah aktivitas?? Sebuah kesibukan?? Apa sibuk itu harus selalu bergerak dalam artian mondar mandir kesana kesini? Atau diam ditempat dan nangkringin laptop seharian sambil berusaha nulis juga bisa dikatakan bergerak?? Apa sie emangnya arti aktivitas atau bergerak itu??

Wah, jadi inget ceramahnya kang Tora di Pengajian ESQ. “Aktivitas itu adalah sesuatu yang kita lakukan yang memberikan manfaat bagi orang lain.” Jadi jadi jadi,,, nulis juga bisa dikatakan pergerakan donk tapi mungkin bukan pergerakan aktif,, menulis adalah pergerakan pasif yang hasilnya woww bisa jauh lebih besar dari pergerakan aktif menuju sasaran… Masalahnya.. apa tulisan histor sudah bermanfaat? Sudah bisa mempengaruhi pola berpikir orang lainkah? Atau sudah cukup kuat untuk menyadarkan mereka dari kesalahan yang diperbuat? Karna sebenernya kan langkah awal perubahan adalah dari kesadaran akan kesalahan yang kita lakukan. Hmm,, gak tau dan gak terlalu mau tau seberapa bermanfaat tulisan-tulisan histor, tapi yang pasti histor harus cukup tau bagaimana caranya meningkatkan kualitas tulisan sebagai bukti pergerakan yang histor lakukan.

Berhenti berarti mati

Kata-kata itu tiba-tiba terngiang kembali. Kalo histor memilih menulis sebagai pergerakan dominan akhir-akhir ini maka histor HARUS TERUS MENULIS agar terus berdetak mengikuti detakan waktu dunia ini. Tidak ada kata istirahat hingga nyawa tercabut dari raga ini.

Hmmm,, sempat diem dan kembali mengingat masa lalu,, dulu waktu-waktu terasa begitu singkatnya dengan semua hal yang harus diselesaikan dalam waktu cepat dan solusi tepat. Semenjak kembali ke kampus setelah sekitar satu semester vacuum tiba-tiba seorang historina menjadi orang yang amat sangat tidak sibuk. Oh nooo…. kualitas diri terasa terus menurun,,, amanah gak ada. What should i do?? Katanya tidak boleh menolak dan meminta amanah?? Tapi hari-hari berasa sangat tidak bermanfaat dan disisi lain tidak bisa meminta amanah. Dulu saat masih aktif2nya sering rasanya ingin menolak amanah.

Ah,, masih belum lupa bagaimana sedihnya mengemis-ngemis sama teman berharap si pemberi amanah menyadari bahwa histor sangat butuh amanah saat itu. Histor pengen tetap terjaga. Ya,,, itu alasannya. Dengan amanah histor akan bergumul dengan komunitas-komunitas yang bisa menjaga histor untuk tetap di jalan yang bener dan gak akan sempat memberikan waktu untuk hal-hal aneh, bahkan cenderung negatif, mampir di otak ini. Amanah itu seharusnya tidak hanya datang dari keputusan si pemberi amanah tapi juga harus ada juga observasi dari teman-teman atau lingkungan terdekat si yang akan diberi amanah dalam rangka pembentukan keputusan yang tepat. Teman-teman ingin sekali memberikan kesempatan buat histor tapi apa daya, hanya menunggu datangnya amanah dari si pemberi keputusan. Dan histor hanya bisa mengikuti jalannya suasana. Tetap tidak beramanah. Sampai akhirnya menemukan bahwa amanah memang tidak selalu datang dari suatu struktur, suatu sistem,, kita bisa mencari dan membuat amanah sendiri. Kita bisa melakukan hal-hal yang berkontribusi dalam hal kebaikan dan bermanfaat bagi orang banyak.

Jangan takut tidak beramanah,, tidak bergerak,, tidak beraktivitas,,, Sebenernya qt bisa mencarinya sendiri, Lihat sekeliling, banyak sekali yang menunggu untuk dikerjakan dan diselesaikan. Karna sesungguhnya waktu tidak akan pernah cukup untuk menyelesaikan semuanya.

~ by Historina Safitri Hakim on June 27, 2009.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: