OUT OF YOUR MIND


Udah dini hari begini nyari-nyari ide buat nulis kagak ketemu-ketemu, padahal berasa banyak banget yang bisa ditulis. Setelah diinget-inget oiaa,, ternyata ada satu pengalaman yang bisa dishare di blog. Pengalaman tentang interview exchange student ke Rikkyo University Jepang selama satu tahun. Pengalaman menarik yang masih sangat lekat diingatan histor adalah pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dalam wawancara tersebut :

  1. Pertanyaan yang diajukan pak Urip yang mungkin menjadi pertanyaan standar yang diajukan dalam wawancara-wawancara, tapi berhubung histor menjadi objek penderita yang harus menjawab secara spontan maka pengalaman ini menjadi spesial. Pertanyaannya adalah “Disamping kemampuan bahasa jepang dan bahasa inggris, menurut kamu apa yang harus dimiliki oleh seorang kandidat terpilih?

Wow wow wow… hmmm,, dengan cepat otak berpikir dan terus berpikir untuk mengeluarkan jawaban lugas dan tepat dalam waktu singkat lalu histor menjawab “ Menurut saya ada dua hal penting yang harus dimiliki seorang kandidat terpilih, pertama personality dan kedua motivasi. Personality menjadi hal penting bagi kandidat dalam membawa dirinya di lingkungan yang baru dan membantu memperkuat diri untuk bertahan ditengah lingkungan yang berbeda tersebut. Kandidat terpilih yang akan membawa nama universitas dan nama negara sangat membutuhkan personality yang baik dalam merepresentasikan masyarakat dan mahasiswa Indonesia pada umumnya dalam pergaulannya kelak. Kemudian setelah personality yang memukau dimiliki kandidat, hal selanjutnya adalam motivasi atau kemauan keras dalam menjalani semua konsekuensi selama menjadi delegasi. Tanpa motivasi maka kandidat tidak bisa survive dengan kondisi yang ada. Motivasi juga untuk menjadi yang terbaik diberikan kepada almamater dan Indonesia.“

  1. Pertanyaan selanjutnya datang dari mahasiswa-mahasiswa alumni program exchange tahun-tahun sebelumnya. Pertanyaannya adalah “ Apa yang akan kamu lakukan ketika kamu menjadi kandidat jika terdapat pemberitaan mengenai hal negatif dari Indonesia contohnya msalah demonstrasi mahasiswa yang tak kunjung henti, sampah dimana-mana, lumpur lapindo,dll? ”

Masih dengan spontan histor terus memutar otak untuk mencari jawaban yang tepat dan membuat terkesima. Walhasil keluarlah jawaban “ Menurut saya, hal pertama yang akan saya lakukan adalah mengakui kekurangan negeri sendiri, bahwa Indonesia juga masih mempunyai masalah disana-sini layaknya negara berkembang lainnya. Lalu saya akan menjelaskan bahwa justru dari kesalahan dan kekurangan tersebut Indonesia belajar untuk menjadi negeri yang lebih baik lagi. Masalah-masalah yang terjadi menempa Indonesia menjadi negara yang besar yang belajar dari masa lalunya. Saya pun sebagai delegasi harus menjadi contoh sebagai masyarakat Indonesia yang baik sehingga generalisasi akan perilaku negatif masyarakat Indonesia keseluruhan tidak akan terjadi. Selanjutnya setelah mencontohkan dari diri pribadi beranjak kepada promosi Indonesia sebagai sebuah negara yang kaya dan memiliki kelebihan disana-sini, contohnya dengan turut serta mempromosikan budaya dan tradisi Indonesia dalam berbagai event yang memungkinkan. Dengan demikian Image Indonesia pun akan tetap terjaga tanpa harus menutupi kekurangan yang terdapat didalamnya. “

Demikianlah hasil wawancara spontan dengan kerja keras otak memilih jawaban yang tepat. Kembali disadarkan bahwa manusia akan berbuat lebih bahkan melebihi kemampuan yang mereka sadari ketika terdesak atau bisa dikatakan dalam kondisi genting atau zona tidak nyaman. Jawaban yang sama sekali tidak terpikirkan sebelumnya keluar dengan sendirinya. Begitulah manusia,, Oleh sebab itu ketika kita merasa aman dalam zona nyaman cobalah untuk sesekali keluar menghantarkan diri kepada tantangan untuk menemukan kemampuan-kemampuan yang mungkin tidak kita sadari atau bahkan tidak kita miliki sebelumnya..

…Dear Challenges,,, Here I Am Come To You…

~ by Historina Safitri Hakim on June 26, 2009.

4 Responses to “OUT OF YOUR MIND”

  1. just like “words out of imagine” hahaha ^_^

  2. iya ya?? hehehe… kekuatan keterdesakan pokoknya mah..

  3. iya… berdasar pengalaman. orang tuh bisa nyelesaiin sesuatu kl udah deket banget ma deadline. hihihi *kek tugas2 kuliah gitu.

    Tp….moga dalam hidup menuju akhirat ngga’ terjadi. pas deket deadline mati baru kita mau sadar. hehe *deadlinenya aja g tau kapan.

    so gimana kl setiap moment kita jadikan deadline biar power ini trus ada. hehehe ^_^

  4. oia,, serem banget ya kalo begitu…hmm,,, bener juga kak, setuju,, semuanya deadline,, jadi semangat,, tapi masalahnya suka nyadar kalo deadlinenya masih lama,,hahaha…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: